Kompas.com - 08/02/2021, 07:40 WIB
Seorang kakek berusia 81 tahun yang telah mencapai puncak gunung Himalaya berharap dapat mendaki 2 gunung lainnya dan memberikan penghormatan kepada para korban Covid-19 di puncak gunung itu. [SS/YoSuboConCarlosSaria/Youtube]
SS/YoSuboConCarlosSaria/YoutubeSeorang kakek berusia 81 tahun yang telah mencapai puncak gunung Himalaya berharap dapat mendaki 2 gunung lainnya dan memberikan penghormatan kepada para korban Covid-19 di puncak gunung itu. [SS/YoSuboConCarlosSaria/Youtube]

KOMPAS.com - Seorang pria berusia 81 tahun asal Madrid, Spanyol, sudah mendaki 11 dari 14 puncak tertinggi di dunia.

Dia adalah Carlos Soria, seorang pendaki veteran yang sudah aktif di dunia pendakian sejak berusia muda.

Uniknya, puncak-puncak tertinggi itu dicapainya dalam 2 dekade terakhir, saat usianya telah mencapai 60 tahun.

Mengutip BBC, Minggu (7/2/2021), pada usia 62 tahun, ia mendaki Puncak Everest di Himalaya dan sempat dinobatkan sebagai orang tertua yang berhasil menjejakkan kaki di puncak itu.

Lalu, saat berusia 70 tahun, Carlos Soria sudah menyelesaikan misinya untuk mendaki 7 puncak tertinggi di 7 benua.

"Rekor yang paling saya banggakan adalah bahwa saya tidak pernah mengalami radang dingin yang parah sehingga harus dievakuasi. Saya selalu mendaki dan menuruni setiap puncak dengan kedua kaki saya sendiri," kata dia.

Tertunda karena pandemi Covid-19

Rencananya, ia akan menjajal Himalaya sekali lagi dan mendaki Dhaulagiri, di Nepal pada musim semi tahun ini.

Pada musim gugur, ia berharap bisa mendaki Shishapangma di Tibet.

Seharusnya, misi pendakiannya bisa terlaksana dan terpenuhi pada 2020. Akan tetapi, pandemi Covid-19 membuat rencananya harus tertunda sementara waktu. 

Saat rencananya bisa diteruskan, Carlos bertekad untuk mengenang dan memberikan penghormatan bagi warga dunia yang menderita akibat virus corona.

Baca juga: Pendakian Ditutup Sehari Sebelum Erupsi, Masih Adakah Pendaki di Gunung Semeru?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X