Ramai soal Unggahan Foto Gubernur Jatim Khofifah Lepas Lovebird, Ini Kata Peneliti LIPI

Kompas.com - 07/02/2021, 15:45 WIB
Tangkapan layar halaman Facebook Khofifah Indar Parawansa soal pelepasliaran burung Lovebird. FacebookTangkapan layar halaman Facebook Khofifah Indar Parawansa soal pelepasliaran burung Lovebird.

KOMPAS.com - Sebuah foto yang diunggah di laman Facebook Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada 3 Februari 2021 ramai diperbincangkan.

Dalam narasinya, dia menulis saat itu tengah meresmikan RS Joglo Dungus, Madiun. Terdapat 5 foto yang diunggah, salah satunya saat Khofifah dan beberapa orang melepasliarkan sejumlah burung. 

Di antaranya burung Derkuku, Kutilang, dan burung Lovebird.

Baca juga: Khofifah Resmikan RS Lapangan Covid-19 di Madiun, Lokasinya Mempercepat Penyembuhan Pasien

Banyak komentar tanggapan terhadap foto tersebut. Beberapa di antaranya menyesalkan pelepasliaran lovebird karena termasuk burung peliharaan yang dinilai akan kesulitan mencari makan di alam bebas. 

Selain itu, ada juga yang menyebut tindakan itu berpotensi merusak ekosistem yang ada. 

Beberapa komentar itu sebagai berikut:

"Lovebird dilepas liarkan malah blunder.. kalo ndak punya ilmu tentang karakter burung ya minimal jangan dijadikan pencitraan," tulis salah satu akun yang mendapatkan 199 komentar dan disukai 318 kali.

"Saya apresiasi tindakannya, namun ke depannya lebih diperhatikan lagi perihal pemilihan hewan yg ingin direlease utk pelestarian. Bisa gandeng BKSDA ataupun para pencita satwa bila perlu, karna saya rasa mereka lebih paham soal ketentuannya," tulis salah satu akun yang dikomentari 6 kali dan disukai 199 kali.

"Seharusnya kutilang, cendet dan jenis² yang memakan ulat..
Lovebird mau makan apa di alam liar..?" tulis salah satu akun yang mendapat 26 komentar dan disukai 143 kali.

Apakah melepaskan burung Lovebird ke alam adalah tindakan yang tepat?

Baca juga: Kusumo, Legenda Lovebird yang Sempat Ditawar Rp 2,2 Miliar Mati

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X