Video Viral Perempuan Sulit Buka Rahang Saat Makan, Apa Kata Dokter?

Kompas.com - 06/02/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi sakit gigi. ShutterstockIlustrasi sakit gigi.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video seorang perempuan yang kesulitan makan toast, ramai dibicarakan warganet lantaran tidak dapat membuka mulut dengan lebar saat makan.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Tiktok @Acilzov. Video tersebut diunggah ulang di Twitter dan ramai dibicarakan oleh warganet. Belakangan, video yang ramai di Twitter telah dihapus.

@acilzov

kenapasih?

? original sound - acilzo

Unggahan tersebut banyak dikomentari warganet. Sebagian menyebut ada yang salah dengan rahang si perempuan dalam video. Ada juga yang menyatakan bahwa itu hanya upaya untuk mencari perhatian.

Baca juga: Bentuk Rahang Ini Dimiliki Keturunan Ningrat Eropa, Ilmuwan Jelaskan Sebabnya

Salah satunya, seperti respon yang disampaikan oleh akun Twitter @belindch, yang mendapat like hingga 14,1 ribu kali, serta reteweet dan quote tweet sebanyak 4,6 ribu kali.

Pendapat lain disampaikan oleh @shinjuicy_. Ia mengatakan bahwa ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggepengkan roti.

Lantas, apa pendapat dokter mengenai kejadian ini?

Perlu diagnosis menyeluruh

Spesialis bedah mulut dan maksilofasial, drg Max Johnson, Sp.MB menjelaskan bahwa manusia dapat membuka mulut normal selebar 3 sampai 4 sentimeter.

"Kalau tidak bisa buka rahang terlalu lebar, tergantung sentinya. Jadi bukaan normal itu 3,5 senti sampai 4 senti," kata Max saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Usai Operasi Rahang, Wanita Ini Semakin Cantik dan Percaya Diri

Namun dokter spesialis bedah mulut di RSUD Tanjung Priok di Jakarta Utara itu mengatakan, untuk memastikan apakah seseorang memiliki masalah pada rahang atau tidak, belum dapat diketahui bila tidak melakukan pemeriksaan.

Max menjelaskan bahwa kejadian semacam ini perlu diagnosis yang detail.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X