Penggunaan WhatsApp Mod atau "WA GB" Ramai di Medsos, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 04/02/2021, 09:31 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Sebuah twit berisi informasi mengenai WhatsApp vers mod atau disebut "WA GB" viral di media sosial pada Senin (1/2/2021).

Disebutkan, aplikasi WhatsApp mod cenderung mengganggu privasi antar pengguna WhatsApp lain.

Awalnya, kabar soal WhatsApp mod yang meresahkan ini diunggah oleh akun base Twitter @subtanyarl.

"Tanyarl gue di tiktok ngasih tau bahaya nya WA GB, ngasih tau privasi, tapi malah diserang wa gb user :") dikatain fisik, plesetin nama gue, sumpah dah pada kenapa," tulis admin @subtanyarl.

Baca juga: Ramai soal Status WA, Bagaimana Kebijakan Privasi di WhatsApp?

Kemudian, unggahan itu dikomentari oleh warganet yang merasa privasinya terganggu ketika berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp mod.

"Eh gua penasaran wa gb itu, kl orgnya kita hide dari status tetep bisa keliatan ya? gua kaget soalnya ngehide anak kelas, trs tiba² dia whassap nanyain tuh status," tulis akun Twitter @aim_onlyhuman_ dalam twitnya.

Baca juga: 6 Cara Membuat Format Tulisan Unik di WhatsApp

"WA GB itu jelas ngelangar privasi sebenarnya , jujur ya temen ku makai WA GB katanya kalau kita bikin status terus kita hapus lagi di dianya gak hilang itupun kalau hilang 24 jam , padahal stts WA kita udah dihapus ! Terus lagi kalau kita hapus pesan karena pesannya. Gimana?? Bukankah itu ngelangar hak kita yg pakai WA biasa ?? , Jujur kesel bgt sama orang yg pakek WA GB !!" tulis akun Twitter @yeoll1992.

Baca juga: Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Mulai 8 Februari 2021, Haruskah Pengguna Setuju?

Hingga kini twit itu telah di-retwit sebanyak 1.860 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 21.800 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Ramai Dibahas karena Twit Viral Kristen Gray, Apa Itu Gentrifikasi?

Lantas, apa itu WhatsApp mod dan apakah ada dampak yang terjadi ketika memakainya?

Security Digital Trainer Yerry Niko Borang mengatakan, WhatsApp mod atau WA GB merupakan aplikasi di luar aplikasi resmi yang menawarkan fitur-fitur tambahan, dan dapat digunakan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X