"Jateng di Rumah Saja", Ini Aturan Perjalanan dan Jam Operasional Angkutan Umum

Kompas.com - 03/02/2021, 16:45 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama enam pedagang pasar wilayah Solo Raya, saat mencoba BRT Trans Jateng rute Solo-Sragen, Kamis (3/9/2020). DOK. Humas Pemprov JatengGubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama enam pedagang pasar wilayah Solo Raya, saat mencoba BRT Trans Jateng rute Solo-Sragen, Kamis (3/9/2020).

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencanangkan gerakan "Jateng di Rumah Saja" pada 6 dan 7 Februari 2021.

Masyarakat diminta tinggal di rumah dan tidak bepergian selama dua hari di akhir pekan untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19. 

Di dalam ketentuan Jateng di Rumah Saja, terdapat sejumlah pembatasan, di antaranya penutupan jalan, pasar, dan car free day

Baca juga: Ini Ketentuan Jateng di Rumah Saja yang Berlaku 6-7 Februari

Penutupan jalan

Terkait adanya Jateng di Rumah Saja yang diperkuat dengan Surat Edaran (SE) Nomor 443.5/0001933, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah telah melakukan sejumlah persiapan.

Sekretaris Dishub Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan, pihaknya telah menerbitkan petunjuk teknis (juknis) untuk pembatasan di sektor transportasi.

Dia mengatakan, juknis itu akan segera disampaikan kepada Dishub masing-masing kabupaten dan kota di Jateng.

Mengenai penutupan jalan yang berpotensi menimbulkan titik-titik kerumunan seperti yang ada dalam surat edaran, Henggar mengatakan, pihaknya menyerahkan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk mengatur hal tersebut.

Dia mengatakan, selama pemberlakuan Jateng di Rumah Saja, tidak ada pembatasan pergerakan orang antar daerah.

Hal tersebut mengacu pada instruksi Gubernur Jawa Tengah yang termuat dalam Surat Edaran (SE) Nomor 443.5/0001933.

"Penerjemahan kami, tidak ada pembatasan dalam pergerakan. Namun, dalam SE tersebut, diharapkan oleh Bapak Gubernur dengan dua hari di rumah saja itu dapat betul-betul menekan penyebaran Covid-19," kata Henggar.

Baca juga: Dukung Gerakan Jateng di Rumah Saja, Candi Borobudur Tutup 2 Hari

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X