Kisah Viral Purnomo, Polisi yang Bantu Gelandangan dan Pakaikan Baju ODGJ Pinggir Jalan

Kompas.com - 02/02/2021, 12:00 WIB
Tangkapan layar Aipda Purnomo sedang memakaikan pakaian kepada perempuan ODGJ di Babat, Jombang. Aipda PurnomoTangkapan layar Aipda Purnomo sedang memakaikan pakaian kepada perempuan ODGJ di Babat, Jombang.

KOMPAS.com - Sebuah twit yang menginformasikan adanya seorang polisi yang tengah membantu memakaikan pakaian kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) viral di media sosial pada Senin (1/2/2021).

"Assalamu'alaikum
Alhamdulillah

INI ALASANYA
Kenapa disepeda motor dinas saya sekarang selalu ada pakaian perempuan dan laki laki karena saya tidak tau kapan pakaian itu bermanfaat untuk mereka saudara kita yang terkadang memakai baju sobek bahkan telanjang
Ketemu ibu telanjang," tulis akun Twitter @Purnomo_dtt dalam twitnya.

Baca juga: Viral Video Tanding Futsal Polsek Medan Kota Vs Alwashliyah Dipenuhi Penonton, Ini Kata Polisi

Unggahan itu juga dilengkapi dengan dua foto yang memperlihatkan petugas polisi sedang memakaikan baju dan rok kepada seorang perempuan di pinggir jalan.

Hingga kini, twit itu telah di-retwit sebanya 1.200 kali dan disukai sebanyak lebih dari 4.300 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Kembali ke rumah untuk ambil pakaian

Terkait video tersebut, pengunggah yaitu Panit Lantas Polsek Babat Polres Lamongan, Polda Jawa Timur, Aipda Purnomo mengungkapkan, dia bertemu dengan perempuan ODGJ itu di pinggir jalan di daerah Jombang, Jawa Timur pada Senin, 26 Januari 2021.

Baca juga: Video Viral Mobil Jatuh dari Tempat Parkir di Tawangmangu, Bagaimana Ceritanya?

"Kejadiannya minggu lalu. Saat itu saya sedang melintas untuk dinas kerja, lalu lihat ada seorang ibu ODGJ berjalan telanjang," ujar Purnomo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Karena merasa kasian pada perempuan itu, Purnomo lalu kembali ke rumah dan membawa beberapa potong pakaian untuk perempuan ODGJ tersebut.

"Sengaja saya gantikan bajunya agar tidak telanjang," lanjut dia.

Sempat ingin merawat di rumahnya

Tak hanya itu, Purnomo pun sempat mengajak perempuan ODGJ itu ke rumahnya untuk dirawat oleh istri dan keluarganya.

Baca juga: Pasien Jantung Dirawat Seruangan dengan ODGJ, Disiram Air dan Meninggal, RS Masih Bungkam

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X