Drama Vaksin Moderna akibat Rusaknya Alat Penyimpanan

Kompas.com - 02/02/2021, 08:31 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA). SHUTTERSTOCK/Nixx PhotographyIlustrasi vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan Moderna berbasis teknologi genetik yang disebut mRNA (messenger RNA).

KOMPAS.com - Vaksin dari Pfizer-Biotech dan Moderna memerlukan suhu rendah tertentu dalam penyimpanannya.

Vaksin-vaksin ini memiliki umur simpan yang terbatas ketika ia terpapar oleh suhu kamar.

Adanya kerusakan mekanis, cuaca jelek, dan tenggat waktu kedaluwarsa menyebabkan para dokter, perawat dan pejabat kesehatan di sejumlah tempat di AS bergegas untuk menyuntik orang Amerika.

Salah satunya adalah yang terjadi di Seattle, AS.

Baca juga: Mengapa Covid-19 Lebih Mematikan pada Orang dengan Obesitas?

Pada Kamis (28/1/2021) setelah freezer berisi dosis vaksin tidak berfungsi di Seattle, rumah sakit terdekat memiliki waktu kurang dari 9 jam untuk mengelola lebih dari 800 vaksin sebelum ia rusak.

Saat itu, Swedish Medical Center di Seattle bergegas untuk membantu, mendaftarkan para penerima vaksin yang memenuhi syarat secara cepat melalui media sosial.

"Tidak ada vaksin yang terbuang percuma tadi malam," kata juru bicara Tiffany Moss kepada CNN, Jumat (30/1/2021).

Baca juga: Simak, Berikut Tingkat Efikasi 7 Vaksin Covid-19

Keadaan darurat vaksin

Swedish Medical Center bukan satu-satunya lokasi yang malam itu membantu.

Pasokan tambahan dari freezer yang rusak bergegas dikirim ke Universitas Washington untuk secepatnya disuntikan ke masyarakat.

Baca juga: Moderna Kaji Adanya Reaksi Alergi terhadap Vaksin Covid-19

Melansir dari Komonews, drama rusaknya alat penyimpan vaksin tersebut bermula dari rumah sakit lokal Kaiser Permanente yang kemudian menghubungi Swedish Medical Center dan Universitas Washington.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X