Simak, Ini Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Peretasan!

Kompas.com - 01/02/2021, 18:15 WIB
ilustrasi WhatsApp reuters.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp masih menjadi perbincangan hangat setelah melakukan berbagai upaya untuk kembali menggaet penggunanya. 

Sebelumnya pengguna WhatsApp banyak yang mulai beralih ke aplikasi chat lainnya seperti Signal dan Telegram.

Eksodus itu terjadi setelah WhatsApp merilis sejumlah pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi baru di platformnya. 

Baca juga: 3 Upaya WhatsApp Saat Mulai Ditinggal Penggunanya, dari Klarifikasi hingga Pasang Iklan di Koran

Aktifkan keamaan tambahan

Diketahui, layanan WhatsApp sangat mudah untuk dioperasikan. Namun proses pengoperasian yang mudah ini, ternyata juga dapat rawan disalahgunakan jika si pengguna tidak berhati-hati.

Untungnya, cara untuk mengaktifkan keamanan tambahan pada akun pengguna WhatsApp juga cukup mudah, artinya Anda tidak akan kehilangan akun apabila kode aktivasi enam digit diaktifkan.

Kode keamanan ini harus disimpan dan jangan sampai dikirimkan ke orang lain, sebab hal itu biasanya digunakan untuk melakukan peretasan akun WhatsApp. 

Baca juga: 5 Fakta Munculnya Pemberitahuan WhatsApp di Status Pengguna

Kode enam digit

Dilansir dari The Verge, (23/1/2021), dengan mengaktifkan keamanan ekstra atau dua tahap proteksi, dinilai merupakan ide yang bagus untuk melindungi akun WhatsApp Anda.

Saat hendak mengaktifkan keamanan ekstra, biasanya pengguna akan mendapatkan enam digit angka melalui SMS.

Nomor ini tidak boleh diketahui siapapun, karena itu bukan sembarang kode. Enam nomor tersebut adalah kode yang dikirim oleh WhatsApp ke nomor ponsel Anda melalui SMS untuk dikaitkan dengan akun WhatsApp Anda.

Apabila Anda membagikan nomor tersebut, secara tidak langsung Anda mengizinkan peretas untuk masuk dan mengendalikan akun WhatsApp Anda.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X