Ramai soal Masker Wajah Abal-abal, Bagaimana Cara Membedakannya?

Kompas.com - 01/02/2021, 17:29 WIB
Ilustrasi menggunakan masker wajah (dok.shutterstock/Makistock) Ilustrasi menggunakan masker wajah (dok.shutterstock/Makistock)

KOMPAS.com - Satuan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya mengamankan produk masker wajah organik ilegal di Jati Asih, Bekasi pada Kamis (28/1/2021).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, produk masker itu tergolong ilegal karena disebutkan belum memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya itu, pembuat masker organik tersebut tak memiliki keahlian khusus.

Dalam penggerebekan itu, ada empat merek masker yang disita, yaitu Yoleskin, Acone, NHM, dan Youra.

Lantas, bagaimana cara membedakan produk kosmetik berbahaya atau tidak?

Baca juga: 4 Merek Masker Organik Ini Ilegal, Belum Kantongi Izin BPOM, Apa Saja?

Cek izin BPOM

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dr Dedianto Hidajat mengatakan, cara pertama yang paling mudah adalah adanya izin BPOM di kemasan kosmetik.

Sebab, mengetahui keaslian produk kosmetik secara fisik memang sulit, perlu pemeriksaan laboratorium untuk menganalisisnya.

"Nah konsumen mesti juga hati-hati dan lebih cerdas, untuk mengecek langsung notifikasi BPOM yang tertera di label produk kosmetik," kata dr Dedianto kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Dermatologi

Dari sisi dermatologinya, ia mengingatkan bahwa produk kosmetik krim atau masker yang tergolong skincare memang tidak memiliki efek instan.

Artinya, memerlukan waktu sekitar 4-6 minggu pemakaian rutin untuk melihat hasilnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X