Kompas.com - 31/01/2021, 17:54 WIB
Petugas keamanan berpatroli di pasar ikan tradisional Huanan di kota Wuhan, China, Jumat (24/1/2020). Pasar ikan itu ditutup setelah virus corona yang mematikan dideteksi berasal dari pasar itu. AFP/HECTOR RETAMALPetugas keamanan berpatroli di pasar ikan tradisional Huanan di kota Wuhan, China, Jumat (24/1/2020). Pasar ikan itu ditutup setelah virus corona yang mematikan dideteksi berasal dari pasar itu.

KOMPAS.com - Tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid-19 mengunjungi Pasar Huanan di Wuhan pada hari ini, Minggu (31/1/2021).

Pasar tersebut merupakan pusat grosir makanan laut di Wuhan dan menjadi tempat awal virus corona terdeteksi.

Melansir Reuters, Minggu (31/1/2021), tim tiba di tengah keamanan ketat, dengan brikade tambahan di luar pagar yang mengelilingi pasar.

Hanya sekitar satu jam, tim ahli WHO berada di pasar itu. Mereka juga tak memiliki sesi tanya jawab dengan para wartawan.

Sejak keluar dari karantina dua minggu pada Kamis (28/1/2021), tim WHO telah mengunjungi rumah sakit, pasar, dan pameran untuk memperingati satu tahun wabah virus corona, termasuk penguncian 76 hari Kota Wuhan.

Baca juga: Update Corona Dunia 30 Januari: 102 Juta Kasus Covid-19 | Pesan WHO soal Pasokan Vaksin

WHO mengatakan, anggota tim akan dibatasi pada kunjungan yang diselenggarakan oleh tuan rumah China dan tidak melakukan kontak dengan anggota komunitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

China berdalih, semua ini dilakukan karena pembatasan kesehatan.

Tak ada rencana perjalanan lengkap selama dua minggu kerja lapangan. Jurnalis yang meliput pun dikontrol ketat dan dijauhkan dari tim WHO.

Satu-satunya pandangan sekilas dari perjalanan tersebut datang melalui twit dari beberapa anggota tim ahli.

Akses publik ke Pasar Grosir Makanan Laut Huanan telah dibatasi sejak ditutup pada awal tahun lalu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.