Termasuk Lantigiang Selayar, Berikut 5 Pulau di Indonesia yang Sempat Diisukan Dijual

Kompas.com - 31/01/2021, 07:03 WIB
Sausana Pulau Lantigiang, Kecamatan Takabonerate, Sulawesi Selatan. Dokumentasi Asri KOMPAS.com/NURWAHIDAHSausana Pulau Lantigiang, Kecamatan Takabonerate, Sulawesi Selatan. Dokumentasi Asri

KOMPAS.com - Indonesia merupakan satu negara kepulauan yang terdiri dari lebih 17.000 pulau yang tersebar di sepanjang wilayahnya.

Tidak hanya pulau-pulau besar dan berpenduduk, banyak juga pulau-pulau kecil yang jangankan berpenduduk, mereka bahkan belum memiliki nama.

Isu adanya kegiatan jual beli pulau-pulau di Indonesia bukan menjadi hal baru.

Pulau-pulau kecil nan indah dengan pasir putihnya di tengah lautan yang biru dan bersih memang memanjakan mata dan membuat banyak pihak menginginkan untuk memilikinya.

Baca juga: Mengenal Pulau Laki, Tempat Latihan Tempur TNI AL yang Diduga Jadi Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air

Berikut ini adalah 5 pulau di Indonesia yang sempat diisukan diperjualbelikan:

1. Pulau Lantigiang, Selayar

Terbaru, pulau yang dikabarkan dijual adalah pulau tak berpenghuni bernama Pulau Lantigiang yang masih masuk dalam Taman Nasional Taka Bona Rate, dan merupakan satu dari sekian pulau yang ada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kabar ini mulai ramai diperbincangkan sejak beberapa hari terakhir.

Mengutip Kompas.com (30/1/2021), pulau yang menjadi salah satu tempat penyu bertelur ini dijual dengan harga Rp 900 juta.

Baca juga: Mengenal Pulau Galang, Kamp Pengungsian yang Akan Jadi Lokasi Observasi Penyakit Infeksi Menular

Humas Polres Selayar, Aipda Hasan menyebut pulau ini dijual oleh Syamsu Alam kepada Asdianti dan sudah diberi uang muka sebesar Rp 10 juta.

Pihak penjual mengaku pulau tersebut sudah dikuasai atau ditinggali oleh neneknya dahulu.

Ia pun memiliki surat keterangan kepemilikan yang ditangani oleh Sekretaris Desa Jinato pada 2019.

Kabar penjualan pulau itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Pengelolaan TN Taka Bona Rate Wilayah II Jinato, Nur Aisyah Amnur.

Sejumlah pihak pun masih dimintai keterangan oleh pihak kepolisian terkait hal ini.

Baca juga: Mengenal Hokkaido, Provinsi Bersalju yang Menjadi Sarang Virus Corona di Jepang

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X