Apakah Covid-19 Berpengaruh terhadap Kesuburan Pria?

Kompas.com - 30/01/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi sperma EraxionIlustrasi sperma

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan jurnal Reproduction menemukan bahwa kasus infeksi virus corona parah dapat memengaruhi kualitas sperma pria.

Penelitian ini merupakan laporan pertama yang menemukan bahwa paparan virus cocona dapat merusak kualitas air mani.

"Hingga sekarang, laporan ini memberikan bukti langsung pertama bahwa infeksi Covid-19 merusak kualitas air mani dan potensi reproduksi pria," tulis studi tersebut, dilansir dari CNN, 30 Januari 2021.

Baca juga: Menurut Studi Ini, 1 dari 3 Kasus Covid-19 adalah Tanpa Gejala 

Penurunan kualitas air mani

Melansir Daily Mail, para ahli di Justus-Liebig University di Giessen, Jerman, meneliti 84 pria yang terinfeksi Covid-19 dan 105 subjek kontrol negatif virus yang sesuai usia.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis air mani pada interval 10 hari selama 60 hari.

Studi menemukan adanya penurunan kualitas air mani yang signifikan hingga 60 hari setelah sakit.

Saat para peneliti membandingkan kedua kelompok dalam studi, ditemukan bahwa indikator yang dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan lebih umum di antara pria yang menderita Covid-19.

Indikator tersebut termasuk tanda-tanda pembengkakan, kematian sel sperma, dan stres oksidatif, yakni saat bahan kimia yang mudah menguap menumpuk di jaringan hidup karena sel tidak bekerja dengan baik.

Selain itu, konsentrasi sperma berkurang hingga 516 persen dan mobilitasnya turun 209 persen, meskipun semua pria masih dipastikan subur.

Baca juga: Studi: Infeksi Covid-19 Picu Respons Antibodi Virus Corona Lainnya

Penurunan mobilitas dan konsentrasi sperma, serta perubahan bentuk secara signifikan yang sangat penting bagi kemampuannya untuk bergerak melalui leher rahim dan rahim, menyebabkan keadaan yang disebut OAT atau oligoasthenoteratozoospermia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X