Kompas.com - 30/01/2021, 13:00 WIB
Mahatma Gandhi sedang memintal kain. Foto ini diambil pada tahun 1920-an. Gandhiserve.org/WikipediaMahatma Gandhi sedang memintal kain. Foto ini diambil pada tahun 1920-an.

KOMPAS.com - Hari ini 73 tahun lalu, tepatnya 30 Januari 1948, pemimpin politik dan spiritual gerakan kemerdekaan India, Mohandas Karamchand Gandhi atau Mahatma Gandhi, dibunuh oleh seorang ekstremis Hindu.

Diberitakan The Guardian, 31 Januari 1948, Mahatma Gandhi dibunuh saat berjalan ke pertemuan doanya di halaman Birla House, New Delhi. Saat meninggal dia berusia 78 tahun.

Dia sedang berjalan dari Birla House ke halaman tempat pertemuan doa malamnya dan terlambat beberapa menit untuk pertemuan tersebut.

Ketika Gandhi mendekati pertemuan itu, seorang pria mengenakan jaket berwarna khaki dan celana panjang biru, berdiri dalam jarak lima kaki dari Gandhi. Ia menyambutnya dengan salam.

Gandhi tersenyum padanya dan menurut salah satu versi, berbicara dengannya. Pria itu kemudian mengeluarkan pistol dari dalam sakunya dan melepaskan 3 kali tembakan dari jarak dekat.

Peluru bersarang di dada, perut, dan selangkangan Gandhi. Dia mengangkat tangannya di atas kepalanya dengan salam yang sama saat dia jatuh.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kelahiran Mahatma Gandhi, Pemimpin Kemerdekaan India

Dia dibawa ke Birla House dan meninggal setengah jam kemudian, sekitar pukul 05.40. Lalu, pria yang menembak Gandhi, Nathuram, dipukuli massa.

Hari berkabung 13 hari

Hari berkabung ditetapkan selama 13 hari. Bendera dikibarkan setengah tiang.

Melansir History, Mahatma Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869, di Porbandar, di negara bagian Gujarat, India.

Ayahnya adalah dewan (ketua menteri) Porbandar. Sedangkan ibunya seorang praktisi Vaishnavisme yang setia (pemujaan dewa Hindu Wisnu).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X