Komunitas Pencinta Kucing Kawal Proses Hukum Kasus Perburuan Kucing di Medan

Kompas.com - 30/01/2021, 06:30 WIB
Ilustrasi kucing persia. PIXABAY/PIDEPUIlustrasi kucing persia.

KOMPAS.com - Pemilik kucing di Medan kehilangan kucingnya dan saat menemukan, tubuh kucing sudah tidak utuh lagi.

Pemilik akun @soniarizkikarai menceritakan, kucingnya hilang beberapa hari. Kemudian, dia mendapat informasi bahwa kucingnya dimasukkan goni oleh seseorang yang sering mengambil kucing untuk dibunuh lalu dijual dengan harga Rp 70.000 per kilogram.

Pemilik kucing tersebut sudah melaporkan kasusnya ke Polsek Medan Area pada Kamis (28/1/2021).

Ketua Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru Tona mengatakan, komunitasnya turut mengawal kasus tersebut bersama komunitas serupa di Medan.

"Kami memberikan dorongan sekuat-kuatnya agar komunitas lokal bisa bergerak, dan memberikan bantuan berupa kesiapan memberikan advokasi hukum untuk kasus ini," uja Doni kepada Kompas.com, Kamis (28/1/2021).

Menurut Doni, dari informasi yang disampaikan pemilik kucing, pelaku telah melarikan diri.  

"Dikejar ke kediamannya, pelakunya menghilang. Saat ini sedang dilakukan pengejaran. Menurut info yang kami dapat, pelaku juga melakukan pengancaman pada pelapor kasus ini," kata dia.

Dalam menghadapi kasus seperti itu, menurut Doni penting untuk menahan diri hingga bukti lengkap.  

Dia juga menyatakan, mendukung kepolisian untuk menegakkan hukum pada kasus ini. Doni berharap polisi serius menuntaskan kasus semacam ini.

"Kalau serius, kanit atau kasatreskrim perlu segera awetkan atau segera otopsi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X