Profil Vaksin Novavax yang Diklaim Efektif 89,3 Persen Cegah Covid-19

Kompas.com - 29/01/2021, 14:29 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/PALSANDIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Vaksin virus corona Novavax dilaporkan 89,3 persen efektif melawan Covid-19, berdasarkan hasil uji coba skala besar di Inggris.

Selain itu, suntikan Novavax menjadi yang pertama menunjukkan efektivitas terhadap varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

Melansir The Guardian, (29/1/2021) Inggris telah mendapatkan 60 juta dosis vaksin Novavax, yang akan diproduksi di wilayah Teesside, Inggris.

Apabila mendapatkan persetujuan penggunaan darurat oleh Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA), dosis tersebut diharapkan akan diberikan pada paruh kedua tahun ini dan digunakan dalam program vaksinasi nasional.

Baca juga: WHO Rencanakan Persetujuan Beberapa Vaksin Covid-19, Apa Saja?

Uji coba fase 3

Vaksin Novavax menjadi yang kedua memasuki uji coba skala besar di Inggris, setelah vaksin yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Dikutip dari BBC, perusahaan AS itu telah mengumumkan hasil uji coba terakhir atau fase 3 di Inggris yang melibatkan 15.000 orang, dengan efektivitas menunjukkan 89,3 persen.

Uji coba dilakukan bersama dengan Satgas Vaksin Pemerintah Inggris.

Disebutkan hampir 4.000 orang dalam penelitian atau sekitar 27 persennya berada dalam kelompok paling berisiko, yaitu berusia di atas 65 tahun.

Baca juga: Simak Lagi, Ini 9 Syarat Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia

Hasil uji coba

Separuh dari kasus Covid-19 dalam uji coba diidentifikasi sebagai penyebab varian baru yang muncul di wilayah Kent, yaitu mutasi B117.

Adapun separuh dari sukarelawan lainnya yang terlibat diberi plasebo.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X