[HOAKS] Bank Indonesia Disebut Akan Cetak Uang Rp 300 Triliun

Kompas.com - 29/01/2021, 13:00 WIB
[HOAKS] BI cetak uang Rp 300 triliun screenshoot[HOAKS] BI cetak uang Rp 300 triliun
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Sebuah pesan yang menyebut bahwa Bank Indonesia tengah mencetak uang baru sebesar Rp 300 triliun menyebar.

Postingan tersebut salah satunya menyebar di aplikasi berbagi pesan WhatsApp dan media sosial Facebook.

Dari konfirmasi yang dilakukan Kompas.com pesan bahwa BI akan mencetak uang Rp 300 triliun tidak benar.

Narasi yang beredar

Sebuah postingan yang mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) mencetak uang hingga 300 triliun menyebar di media sosial Facebook dan aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Beberapa pengguna Facebook yang mengunggah kabar tersebut di antaranya akun RA Kartini, Begi dan Citra Loka. Narasi tersebut diketahui berasal dari sebuah portal bernama FNN yang dapat dicek di sini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini cuplikan narasi yang beredar tersebut: 

BI AKAN MENCETAK UANG 300 TRILIUN

Kabar menarik dan teranyar dari Bank Indonesia (BI). Bank sentral yang berkantor pusat di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat itu dikabarkan akan segera mencetak uang kartal Rp 100 triliun sampai Rp 300 triliun. Tentu, BI mengordernya ke Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia). Langkah tersebut harus diambil karena keadaan darurat keuangan negara yang semakin kritis.

Keadaan terpaksa, itulah yang diambil oleh otoritas moneter nanti. Sebab, jika tidak buru-buru mencetak uang, dalam beberapa bulan ke depan tidak ada lagi dana untuk membayar gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

Apa betul sudah mulai tidak ada uang negara? Bisa benar, jika melihat kejadian terlambatnya pembayaran gaji ASN di beberapa daerah, pada Januari 2021. Biasanya ASN, sudah menerima gaji tanggal 1, tapi bulan ini ada yang mundur sampai tanggal 8.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X