WHO Merilis Pedoman Baru untuk Merawat Pasien Covid-19, Apa Saja?

Kompas.com - 29/01/2021, 11:15 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 sembuh dari infeksi. Angka recovery rate (rasio kesembuhan) kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. SHUTTERSTOCK/wavebreakmediaIlustrasi pasien Covid-19 sembuh dari infeksi. Angka recovery rate (rasio kesembuhan) kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pedoman manajemen klinis baru untuk merawat pasien Covid-19.

Bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, WHO menyarankan penggunaan oksimetri untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

"Pasien Covid-19 di rumah harus menggunakan oksimetri nadi yang mengukur kadar oksigen," Juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan pada pengarahan PBB di Jenewa, dikutip dari Reuters, Selasa (26/1/2021).

"Sehingga Anda dapat mengidentifikasi apakah kondisi di rumah memburuk dan akan lebih baik dirawat di rumah sakit," tambahnya.

Baca juga: Tim WHO Mulai Investigasi Asal-usul Covid-19 di Wuhan, Pemerintah China Bungkam Keluarga Korban

Pasien rawat inap

Untuk pasien rawat inap, WHO menyarankan penggunaan antikoagulan dosis rendah agar mencegah pembentukan gumpalan darah di pembuluh darah (trombosis).

"Kami menyarankan penggunaan dosis yang lebih rendah daripada dosis yang lebih tinggi karena dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah lain," kata Harris.

Sementara itu, pasien rawan inap yang menggunakan oksigen tambahan (termasuk oksigen hidung aliran tingg) atau ventilator non-invasif, WHO menyarankan agar menempatkan pasien dalam posisi tengkurap.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan aliran oksigen.

Pedoman tersebut juga mencakup rekomendasi tentang penggunaan bundel perawatan untuk mensistematisasikan penyediaan perawatan bagi pasien Covid-19.

Baca juga: 6 Vaksin yang Akan Disetujui WHO, dari AstraZeneca hingga Sinovac

Akses perawatan lanjutan

WHO juga menyarankan agar pasien Covid-19, baik konfirmasi maupun probabel, harus memiliki akses ke perawatan lanjutan jika mereka bergejala terus-menerus, baru atau berubah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X