Tim WHO Mulai Turun ke Lapangan untuk Selidiki Asal-Usul Virus Corona

Kompas.com - 28/01/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi pandemi corona (Covid-19) SHUTTERSTOCKIlustrasi pandemi corona (Covid-19)

KOMPAS.com - Tim yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19 akan segera turun ke lapangan.

Setelah tiba di China, tim WHO harus menjalani karantina selama 14 hari di sebuah hotel di China.

Diberitakan Reuters, Kamis (28/1/2021), tim WHO dilaporkan selesai menjalani karantina pada hari ini.

Misi tersebut dilakukan WHO untuk meniadakan perselisihan antara China dan Amerika Serikat terkait tuduhan asal-usul virus corona yang sekarang menjadi pandemi.

Tim dipimpin oleh Peter Ben Embarek, ahli penyakit hewan yang menyebar ke spesies lain

“Ini adalah tugas yang sulit untuk sepenuhnya menetapkan asal-usulnya dan terkadang perlu dua atau tiga atau empat kali percobaan untuk dapat melakukannya dalam pengaturan yang berbeda,” kata WHO emergency chief Mike Ryan.

Baca juga: Menurut WHO, Ini 3 Alasan Penting Mengetahui Asal-Usul Virus Corona

Diberitakan CNN, 26 Januari 2021, tim itu beranggotakan 13 orang. Mereka bekerja atau berdiskusi selama dua minggu melalui video call bersama ilmuwan China.

Pemeriksaan cermat terhadap kerja tim akan sangat besar karena mereka menavigasi apa yang kemungkinan menjadi ladang ranjau politik dalam mengungkap bagaimana virus membuat sebagian besar dunia terhenti pertama kali muncul.

Virolog Belanda yang juga anggota tim WHO, Marion Koopmans, mengatakan, penelitian ini akan menjadi sorotan dunia.

"Kami menyadarinya, tidak ada jalan lain. Itulah mengapa kami benar-benar berusaha untuk tetap fokus, kami adalah ilmuwan, kami bukan politisi, kami mencoba untuk benar-benar melihat ini dari perspektif ilmiah," kata Koopmans.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X