Foto Viral Pencurian di Museum Sulawesi Tenggara, Keris dan Pedang Peninggalan Jepang Hilang

Kompas.com - 28/01/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi museum. ShutterstockIlustrasi museum.

KOMPAS.com - Baru-baru ini, warganet di media sosial Twitter dihebohkan dengan kabar pencurian benda bersejarah yang terjadi di Museum Negeri Sulawesi Tenggara.

Kabar tersebut diunggah oleh akun @potretlawas pada Rabu (27/1/2021) pukul 06.57 WIB, beserta sejumlah foto yang memperlihatkan kondisi rak penyimpanan museum pasca-kejadian pencurian.

Baca juga: Tutup karena Pandemi, Museum Ini Tak Sadar Lukisan Berusia 500 Tahun Dicuri

Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa dua rak yang mulanya penuh aneka artefak logam telah kosong melompong.

Ruang penyimpanan museum juga disebut hanya digembok, tanpa penjaga dan kamera pengawas (CCTV).

Pencurian terjadi Selasa malam

Melansir Antara, Rabu (27/1/2021), Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Dody Syahrulsyah membenarkan terjadinya peristiwa tersebut.

Ratusan koleksi yang disimpan di Museum Sulawesi Tenggara, yang beralamat di Jalan Abunawas, Kota Kendari, itu raib dicuri maling pada Selasa (26/1/2021) malam.

"Pelaku pencurian diperkirakan masuk melalui pintu samping belakang gedung koleksi yang tidak terpantau dengan CCTV," ujar Dody.

Baca juga: Museum Ninja Dirampok, Uang Rp 139 Juta Raib Hanya dalam Tiga Menit

Dia menyebutkan, beberapa benda bersejarah yang hilang merupakan jenis logam, seperti ceret, keris, pedang peninggalan Jepang, gong kecil, dan baju adat.

Dody mengatakan, setelah kejadian itu, pihaknya telah melapor ke polisi untuk segera melakukan olah tempat kejadian perkara.

Tidak ada CCTV dan satpam

Melansir Kompas.id, Rabu (27/1/2021), Kepala Polsek Baruga Ajun Komisaris I Gusti Komang Sulastra mengatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X