Pengganti WhatsApp, Berikut 4 Aplikasi Pesan yang Lindungi Privasi

Kompas.com - 27/01/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi aplikasi perpesanan Telegram, Signal, WhatsApp Nikkei AsiaIlustrasi aplikasi perpesanan Telegram, Signal, WhatsApp

KOMPAS.comAplikasi merger Facebook dan WhatsApp kembali menjadi pembicaraan pengguna sosial media di Twitter. Bahkan, tagar #UninstallWhatsApp sempat menjadi trending topic Indonesia pada Minggu (24/1/2021).

Beberapa cuitan di Twitter mempertanyakan tujuan WhatsApp memberlakuan kebijakan privasi baru.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Jumat (8/1/2021), WhatsApp memberikan notifikasi kepada para penggunanya terkait pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi.

Dalam pembaruan kebijakan baru tersebut, WhatsApp akan berbagi data pengguna dengan Facebook. Terdapat pula perubahan terkait pemrosesan data pengguna dan komunikasi dengan pemilik akun bisnis.

Baca juga: Beda Arti Calling dan Ringing Saat Menelepon lewat WhatsApp

Pengumuman itu sontak memicu perdebatan di antara para pengguna. Sebagian besar pengguna dilaporkan mulai uninstall atau menghapus WhatsApp dan beralih ke aplikasi pesan instan lain.

Situs Fossbytes, Jumat (8/1/2021) menuliskan, aksi tersebut dilakukan guna menyelamatkan privasi mereka, termasuk di antaranya data percakapan dan informasi personal.

Merangkum Make Tech Easier, Selasa (26/1/2021), berikut empat aplikasi pesan instan alternatif pengganti WhatsApp yang bisa Anda coba.

Element

Aplikasi yang sebelumnya bernama Riot.IM ini mendukung Voice over IP (teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh), panggilan video, dan end-to-end encryption.

Baca juga: 5 Aplikasi Pesan Selain WhatsApp, Apa Saja?

Berbeda dari WhatsApp yang menggunakan nomor telepon, Element memberikan kode (ID) unik kepada setiap penggunanya. Kode ini nantinya berguna untuk menjaga anonimitas pengguna Element.

Selain itu, Element juga menyediakan open source software. Dengan model ini, aplikasi ini terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X