Profil Janet L Yellen, Perempuan Pertama yang Jadi Menteri Keuangan AS

Kompas.com - 26/01/2021, 17:37 WIB
Janet Yellen. BRENDAN SMIALOWSKI / AFPJanet Yellen.

KOMPAS.com - Senator Amerika Serikat pada Senin (25/1/2021) telah mengonfirmasi bahwa Janet Yellen akan memimpin Departemen Keuangan AS dalam pemerintahan Joe Biden.

Penunjukan ini menjadikannya sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Keuangan AS.

Kabar tersebut juga mendapatkan respons dari Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati melalui akun Instagram.

"Welcome to the club...! Tantangan besar dan luar biasa memulihkan ekonomi dan menjaga stabilitas ekonomi global, kerja sama global adalah keharusan," tulis Sri Mulyani, Minggu (24/1/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Seperti apa sosok dan sepak terjang Janet Yellen?

Melansir BBC, 3 Februari 2014, Yellen lahir pada 1946 di Brooklyn, New York. Ayahnya adalah seorang dokter keluarga dan ibunya mengajar di sekolah menengah pertama setempat.

Sejak kecil, Yellen menjadi murid berprestasi di sekolahnya dan dengan mudah melanjutkan ke Brown University di bidang Matematika.

Akan tetapi, ia kemudian pindah ke jurusan ekonomi, bidang yang dianggapnya lebih berguna secara praktis.

Baca juga: Senat Dukung Penuh, Janet Yellen Jadi Menkeu Perempuan Pertama di AS

Saat menempuh gelar doktoral di Yale, Yellen dibimbing oleh James Tobin, seorang pemenang hadiah Nobel yang terkenal karena idenya tentang perpajakan.

Pekerjaan pertama Yellen di The Fed tidak hanya memberinya pengalaman bekerja di bank sentral paling berpengaruh di dunia, tetapi juga memperkenalkannya kepada calon suaminya, ekonom George Akerlof pada 1977.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X