15 Gejala Covid-19 yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 26/01/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi demam dan batuk sebagai salah satu gejala awal Covid-19. SHUTTERSTOCK/DRAGANA GORDICIlustrasi demam dan batuk sebagai salah satu gejala awal Covid-19.

KOMPAS.com - Semakin hari jumlah kasus infeksi virus corona Covid-19 di Indonesia semakin banyak. Selasa ini (26/1/2021) jumlahnya kemungkinan besar melewati angka 1 juta kasus. 

Jika sebelumnya lingkaran orang-orang yang terinfeksi masih jauh, kini jadi semakin mendekat. Dari orang yang tidak dikenal, kenalan, teman, hingga mungkin sudah masuk ke kerabat dan keluarga. 

Dari data Worldometers per Selasa (26/1/2021), virus ini telah menginfeksi 100.286.772 orang dan menewaskan 2.149.507 di seluruh dunia dalam waktu satu tahun. 

Baca juga: Jubir Satgas: Kasus Covid-19 Hampir Capai 1 Juta, tetapi Kesembuhan Melebihi 80 Persen

Gejala Covid-19

Selama ini kita mengetahui bahwa gejala umum yang tejadi ketika terinfeksi Covid-19 ialah suhu tubuh tinggi atau demam, batuk, dan hilangnya indra perasa atau penciuman.

Orang dengan gejala semacam itu perlu mengisolasi diri, meski belum melakukan tes Covid-19.

Dilansir dari hertfordshiremercury.co.uk, para ahli telah mengumpulkan daftar dari 15 gejala yang jadi penanda infeksi Covid-19.

Para ahli juga menyarankan untuk orang dengan 15 gejala berikut, sebaiknya mulai melakukan karantina mandiri.

Apa saja 15 gejala yang perlu diwaspadai? Simak daftar berikut ini:

Zoe Covid Symptom Study, sebuah penelitian terkemuka di Inggris yang bekerja dengan ahli epidemiologi King's College London menyusun daftar gejala yang perlu diwaspadai.

Daftar ini digunakan oleh Kantor Statistik Nasional di Inggris untuk memprediksi jumlah kasus di negaranya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X