Kasus Covid-19 Hampir 1 Juta, Penanganan Pandemi di Indonesia Belum "On the Right Track"

Kompas.com - 26/01/2021, 12:59 WIB
Baju APD petugas pemakaman terlihat di samping makam penderita Covid-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021). Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, terdapat 9.994 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia hingga hari ini 999.256 orang, terhitung sejak pengumuman pasien pertama pada 2 Maret 2020. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOBaju APD petugas pemakaman terlihat di samping makam penderita Covid-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021). Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, terdapat 9.994 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia hingga hari ini 999.256 orang, terhitung sejak pengumuman pasien pertama pada 2 Maret 2020.

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Indonesia hampir mendekati 1 juta kasus. Berdasarkan data terakhir hingga Senin (25/1/2021), kasus infeksi virus corona di Indonesia tercatat 999.256.

Indonesia kini menempati posisi 19 dalam peringkat negara dengan kasus terbanyak berdasarkan data Worldometers.

Sejumlah ahli mengingatkan, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah kritis. Apalagi, layanan kesehatan mulai kewalahan.

Di banyak daerah, kapasitas ruang perawatan penuh. Beberapa kasus bahkan menunjukkan pasien-pasien tak tertangani hingga akhirnya meninggal dunia.

Dengan situasi yang ada saat ini, apa catatan pengendalian pandemi di Indonesia?

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman menyebutkan, Indonesia belum sepenuhnya ada di jalur yang tepat dalam penanganan pandemi Covid-19, terlepas dari semua upaya yang sudah dilakukannya.

"(Indonesia) Belum on the right track, Jakarta yang on the right track saja masih belum mampu mengatasi (pandemi)," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Senin  (25/1/2021).

Baca juga: Update Covid-19 di Dunia 26 Januari: Tembus 100 Juta Kasus | Vaksin Moderna Diklaim Efektif pada Varian Baru Virus Corona

Menurut Dicky, meski angka yang dilaporkan pemerintah mendekati 1 juta, sebenarnya angka itu jauh di bawah kasus yang ada di masyarakat.

Ia mengatakan, kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini sudah mencapai 1 persen dari total populasi penduduknya.

"Kasus kita ini menurut saya sudah hampir satu persen dari total populasi, berarti sekitar kurang dari 3 juta lah, tapi lebih dari sejuta. Sejuta itu sudah jelas terlampaui," kata dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X