Mengenal Serum Institute of India, Pabrik Vaksin Terbesar di Dunia

Kompas.com - 25/01/2021, 06:30 WIB
Ilustrasi vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksin Shutterstock/Amazein DesignIlustrasi vaksin corona, vaksin Covid-19, vaksin

KOMPAS.com - Vaksinasi virus corona kini telah berjalan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Di balik kegembiraan itu, ada sebuah pabrik produsen terbesar vaksin di dunia sebagai pemain utama dalam perang melawan Covid-19 ini.

Adalah Serum Institute of India, perusahaan yang didirikan pada 1966 di Kota Pune dan memproduksi jutaan vaksin Covishield yang dikembangkan oleh AsraZeneca dan Oxford University untuk India serta negara berkembang.

Baca juga: Mengenal Vaksin Sinovac yang Telah Tiba di Indonesia

Tak seperti vaksin buatan Pfozer/BioNTech, Covishield dapat disimpan dan diangkut menggunakan pendingin standar.

Vaksin ini juga jauh lebih murah daripada vaksin Pfizer dan Moderna yang membuatnya cocok untuk negara-negara dengan populasi miskin dan infrastruktur usang.

Bahkan perusahaan itu merupakan pemimpin vaksin dunia sebelum pandemi.

Serum Institute of India telah memproduksi 1,5 miliar dosis setahun dan menyuntik dua dari tiga anak di 170 negara untuk melawan penyakit, seperti polio, campak, dan meningitis.

Baca juga: Mengenal Polio, dari Jenis hingga Penyebabnya...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X