Tutup karena Pandemi, Museum Ini Tak Sadar Lukisan Berusia 500 Tahun Dicuri

Kompas.com - 20/01/2021, 20:20 WIB
Orang-orang memotret lukisan Salvator Mundi yang tengah dipamerkan. Lukisan ini diragukan karena bola kristal yang dibawa Yesus Kristus tidak membelokkan cahaya. Jerome Favre/EPAOrang-orang memotret lukisan Salvator Mundi yang tengah dipamerkan. Lukisan ini diragukan karena bola kristal yang dibawa Yesus Kristus tidak membelokkan cahaya.

KOMPAS.com - Sebuah lukisan kuno berusia 500 tahun, salah satu koleksi Doma Museum yang ada di gereja San Domenico, Italia, ditemukan oleh pihak kepolisian yang menggelar operasi pada 16 Januari lalu.

Lukisan itu ditemukan ada di satu lemari di kamar sebuah flat di Napoli, Italia.

Karya seni yang dikenal sebagai salinan "Salvator Mundi" itu diyakini dibuat oleh murid Leonardo da Vinci, Giacomo Alibrandi, pada awal abad ke-16.

Sementara lukisan "Salvator Mundi" yang asli dibuat oleh da Vinci.

Baca juga: Salinan Lukisan Salvator Mundi Dicuri dan Ditemukan di Lemari Kamar

Sindikat perdagangan karya seni internasional

Lukisan itu dicuri oleh pihak asing yang hingga saat ini masih dalam penyelidikan.

Namun, kecurigaan mengarah kepada organisasi perdagangan seni internasional, mengingat tidak ada kerusakan yang ditemukan di area museum atau ruangan tempat karya lawas itu disimpan.

Hal itu dikatakan oleh Jaksa Napoli Giovanni Melillo.

"Masuk akal bahwa itu adalah pencurian yang dikomandoi oleh organisasi yang bekerja di perdagangan seni internasional," kata Melillo, mengutip BBC, Selasa (19/1/2021).

Pemilik flat yang merupakan seorang laki-laki berusia 36 tahun pun ditahan, karena dituduh  telah menerima barang curian.

Baca juga: Peti Mati dan Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Kuil Kuno Mesir

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X