Jack Ma Muncul Kembali Setelah Menghilang 3 Bulan, Ini Kronologinya

Kompas.com - 20/01/2021, 17:20 WIB
Foto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis. AP PHOTO/THIBAULT CAMUSFoto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Teka-teki keberadaan Jack Ma, miliarder asal China sekaligus pendiri e-commerce Alibaba, yang sempat dikabarkan menghilang selama tiga bulan, akhirnya terkuak.

Mengutip Kompas.com, Rabu (20/1/2021) berdasarkan laporan Reuters, Jack Ma terlihat menyapa 100 guru di daerah pelosok China melalui konferensi video pada Rabu pagi.

Ini merupakan kemunculan pertama Jack Ma setelah dikabarkan hilang sejak bulan Oktober 2020 lalu.

Baca juga: Ini Video 50 Detik Penampakan Jack Ma Setelah Menghilang 3 Bulan

Sempat jadi trending topic

Menghilangnya Jack Ma sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter Indonesia pada Senin (4/1/2021). Tagar Jack Ma menduduki posisi teratas dengan lebih dari 17 ribu twit.

Isu yang berkembang, Jack Ma mulai tidak terlihat di hadapan publik setelah dirinya melontarkan kritik kepada Pemerintah China yang dipimpin Presiden Xi Jinping.

Berikut kronologi menghilangnya Jack Ma, hingga akhirnya dia muncul kembali ke hadapan publik:

Baca juga: Jack Ma dan Rumor soal Keberadaannya...

1. Kritik Pemerintah China

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (4/1/2021) pada sebuah acara di Shanghai, 24 Oktober 2020, Jack Ma melontarkan kritik terhadap Pemerintah China terkait sistem regulasi keuangan.

Pengusaha 56 tahun itu sempat menyindir Pemerintah China dengan menyebut sistem regulasi keuangan di China menghambat inovasi sehingga harus direformasi untuk mendorong pertumbuhan.

"Sistem keuangan saat ini adalah warisan era industri. Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda," kata dia, sebagaimana diberitakan Reuters.

Baca juga: Trending di Twitter, Ada Apa dengan Jack Ma?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X