Kristen Gray, Viral Ajakan Pindah ke Bali hingga Ancaman Dideportasi

Kompas.com - 19/01/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi Bali - Umat Hindu Bali yang sedang berada di area pura di Kabupaten Buleleng, Bali. SHUTTERSTOCK / Judith LienertIlustrasi Bali - Umat Hindu Bali yang sedang berada di area pura di Kabupaten Buleleng, Bali.

KOMPAS.com - Seorang Warga Negara Asing (WNA) dengan akun Kristen Gray @kristentootie ramai dibicarakan di media sosial Twitter sejak 17 Januari 2021 karena diduga izin tinggalnya sudah tidak berlaku.

Diberitakan sebelumnya, Kristen Gray lewat twit-nya menceritakan pengalamannya datang ke Bali tahun lalu. Dia mengaku berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat.

Saat pemerintah memberlakukan pengetatan, dia tidak bisa meninggalkan Bali, lalu bekerja sebagai desain grafis.

Baca juga: Siapa Kristen Gray, WNA di Bali yang Thread-nya Viral di Twitter?

Ajak WNA datang ke Bali meski masih pandemi

Dalam twit-nya dia mengatakan betah tinggal di Bali karena murahnya biaya hidup sehari-hari dibandingkan negara asalnya, Amerika.

Tak hanya itu dia juga mempromosikan kepada WNA lainnya untuk datang ke Bali dengan caranya.

Dia datang menggunakan visa kunjungan yang biasanya digunakan untuk wisata dan hanya berlaku 6 bulan. Diduga dia tidak membayar pajak selama bekerja dan tinggal di Indonesia.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang mengatakan saat ini yang bersangkutan telah diminta untuk datang ke kantor Imigrasi Bali guna dimintai keterangan.

Hal itu disampaikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi sponsornya. Pihak imigrasi Bali telah menemukan WNI tersebut, namun belum bertemu langsung dengan yang bersangkutan.

"Sudah disampaikan bahwa yang bersangkutan diminta untuk datang ke kantor imigrasi untuk selanjutnya kami masih belum mendapatkan informasi lebih lanjut," ujarnya.

Beberapa waktu lalu pihak Imigrasi Bali telah melakukan pencarian kepada yang bersangkutan dengan mendatangi alamat yang tertera dalam sistem sesuai dengan laporan pemohon, namun nihil.

Baca juga: Twit Viral WNA Ajak Turis ke Bali Saat Pandemi, Ini Respons Sandi Uno

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X