Menurut WHO, Ini 3 Alasan Penting Mengetahui Asal-Usul Virus Corona

Kompas.com - 19/01/2021, 07:09 WIB
Ilustrasi WHO Shutterstock/AskarimIlustrasi WHO

KOMPAS.com - Peneliti bidang keamanan makanan dan penyakit infeksi oleh hewan dari Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO), Dr. Peter Ben Embarek, memaparkan tiga alasan kunci mengenai pentingnya mengetahui asal-usul virus.

Hal itu disampaikannya pada Minggu (17/1/2021), setelah 10 ilmuwan yang tergabung dalam tim WHO tiba di China pada Kamis (14/1/2021).

Mereka mendatangi pusat kota Wuhan, China untuk melakukan penyelidikan mengenai asal-usul virus corona penyebab Covid-19. Kasus pertama Covid-19 dilaporkan di Wuhan, China, pada akhir 2019.

Setelah menyelesaikan karantina selama dua pekan, tim akan melakukan wawancara kepada orang-orang dari lembaga penelitian dan rumah sakit.

Mereka juga akan mewawancarai orang-orang yang ada di pasar ikan Wuhan. Pasar ikan Wuhan diduga sebagai tempat pertama SARS-CoV-2 bermula.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Strain Colombus Ditemukan di AS

Embarek menjelaskan, penting bagi publik dan para ilmuwan mengetahui asal-usul virus Covid-19.

Penjelasan Embarek ini disampaikan melalui video yang diunggah di akun Twitter WHO, @WHO, pada 17 Januari 2021.

Tiga alasan

Seorang perempuan warga kota Wuhan, China, mengenakan masker untuk menghindari terinfeksi virus corona yang mematikan saat berbelanja di sebuah pasar di kota Wuhan, Minggu (26/2/2020).AFP/HECTOR RETAMAL Seorang perempuan warga kota Wuhan, China, mengenakan masker untuk menghindari terinfeksi virus corona yang mematikan saat berbelanja di sebuah pasar di kota Wuhan, Minggu (26/2/2020).
Embarek menyebutkan ada 3 alasan mengapa WHO menganggap penting menyelidiki asal-usul virus corona. Apa saja?

Mencegah virus yang sama menjangkiti manusia

Memastikan asal-usul virus Covid-19 penting agar dapat mencegah penularan di kemudian hari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X