Hati-hati Situs Palsu Kartu Prakerja, Ini yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 18/01/2021, 19:02 WIB
Tampilan laman Kartu Prakerja untuk pendaftaran dan login Tampilan laman Kartu Prakerja untuk pendaftaran dan login

KOMPAS.com - Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu meminta masyarakat mewaspadai munculnya sejumlah situs palsu dan penipuan Program Kartu Prakerja Gelombang 12.

Hal itu disampaikannya merespons beredarnya berbagai situs dan informasi mengenai dibukanya program Kartu Prakerja Gelombang 12.

Salah satu hal yang diingatkan Louisa, hati-hati berbagi data pribadi pada situs yang tidak jelas.

"Hati-hati memberikan data diri di situs yang tidak jelas atau palsu," kata Louisa saat dihubungi Kompas.com pada Senin (18/1/2021).

Beberapa pekan belakangan ini, banyak beredar informasi hoaks dibukanya program Kartu Prakerja gelombang 12 yang mengarahkan penerima informasi untuk mengeklik situs tertentu.

Pada situs itu, mereka diminta untuk mengisi sejumlah data pribadi.

Pemerintah memang akan membuka Kartu Prakerja gelombang 12 pada tahun ini, tetapi belum ditentukan kapan waktunya.

Baca juga: [HOAKS] Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka

Lapor ke Bareskrim Polri

Merespons berbagai situs palsu yang beredar, penyelenggara Kartu Prakerja telah melaporkan situs-situs itu ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Bareskrim akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfor) untuk memblokir situs terkait.

"Kami telah melaporkan situs-situs ini kepada Bareskrim dan juga berkoordinasi dengan Kominfo untuk memblokir situs-situs tersebut," kata Louisa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X