Ramai soal Masker Duckbill, Apakah Efektif Mencegah Penularan Covid-19

Kompas.com - 17/01/2021, 20:15 WIB
masker duckbill Sora Shimazaki/Pexelsmasker duckbill

 

KOMPAS.com - Masyarakat dianjurkan untuk rajin menggunakan masker, sebagai salah satu pencegahan dari tertular virus corona Covid-19. 

Ada bermacam-macam jenis masker, mulai dari masker medis, masker kain yang dapat dicuci dan dipakaikembali, hingga yang sedang ramai adalah masker duckbill

Dalam pekan ini, media sosial tengah diramaikan mengenai pemakaian masker jenis duckbill atau masker yang menyerupai paruh bebek.

Baca juga: Vaksinasi Mandiri, Epidemiolog Ingatkan 3T dan Memakai Masker Tetap Prioritas

"Eh kenapa sih masker duckbill tuh hype banget? dia kenapa dah?" tulis akun Twitter @ciwikuat.

" Masker duckbill itu bagus gak sih? Maksudnya untuk pencegahan coronces ini termausk dalam rekomen masker yang untuk digunakan atau enggak?" tulis akun Twitter @pawpaoST dalam twitnya.

Baca juga: Membandingkan Efektivitas Berbagai Jenis Masker, dari Masker Medis, N95, hingga Scuba

Efektifitas masker duckbill

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Prof Budi Haryanto mengatakan, masker duckbill memiliki kualitas yang sama dengan masker bedah dan dapat digunakan untuk mencegah penularan Covid-19.

" Duckbill sebenarnya kualitasnya setara dengan masker bedah yang digunakan standar tenaga kesehatan, jadi relatif masih bisa digunakan untuk mencegah penularan Covid-19 jika dibarengi dengan jaga jarak," ujar Budi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/1/2021).

Terkait efektivitas, Budi mengungkapkan bahwa masker duckbill terdiri dari 3 lapis bahan.

Artinya, masker ini mampu melindungi saluran pernapasan sebesar 95 persen dari debu, serbuk sari, bakteri, virus, dan polutan udara.

"Setara dengan kualitas masker nakes," lanjut dia.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Masker Bedah, Efektifkah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X