[HOAKS] Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka

Kompas.com - 17/01/2021, 20:00 WIB
Tangkapan layar laman Prakerja palsu Kompas.com/Nur Fitriatus ShalihahTangkapan layar laman Prakerja palsu
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebut bahwa Program Kartu Prakerja gelombang 12 sudah dibuka.

Informasi tersebut menyebar di Facebook. Dalam informasi tersebut juga terdapat link untuk mendaftar Prakerja Gelombang 12.

Pihak Kartu Prakerja menyatakan informasi dan link pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 itu adalah hoaks atau tidak benar.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12 salah satunya disebarkan oleh Aurelia Ramadhani di grup Binjai Kota Tetap Jaya pada 15 Januari 2021.

Tangkapan layar postingan hoaks tentang Kartu Prakerja gelombang 12 dibukaFacebook Tangkapan layar postingan hoaks tentang Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka

Selain menyebutkan link, pengunggah juga beberapa kali memberi komentar "up" agar pesan tersebut tetap berada di atas.

Berikut ini narasi lengkapnya:

"http://dashboard.prakerja12.xyz/?gel=12
Kartu Prakerja Gelombang 12 Telah Dibuka."

Konfirmasi Kompas.com

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan informasi yang menyebut "Kartu Prakerja Gelombang 12 Telah Dibuka" telah beredar sekitar satu minggu ini.

Meski begitu informasi tersebut dia pastikan adalah hoaks atau tidak benar.

"Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/1/2021).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X