17 Januari 1929, Kemunculan Perdana Popeye Si Pelaut, Bagaimana Cerita Awal Mulanya?

Kompas.com - 17/01/2021, 13:18 WIB
Tokoh kartun Popeye si Pelaut, diabadikan dalam bentuk graffiti di tembok. Hebi B. from PixabayTokoh kartun Popeye si Pelaut, diabadikan dalam bentuk graffiti di tembok.

KOMPAS.com - Berbadan kekar, menghisap pipa, memakai baju pelaut, serta doyan makan bayam. Ciri khas itu begitu melekat dengan tokoh kartun Popeye Si Pelaut.

Kartun Popeye populer di kalangan anak-anak Indonesia pada era 1990-an hingga 2000-an.

Kegemaran Popeye pada bayam juga menjadi salah satu cara orang tua membujuk anaknya agar mau makan sayur, sehingga bisa bertubuh kuat seperti Sang Pelaut.

Baca juga: Kapan Doraemon Lahir dan Mengapa Berwarna Biru?

Tokoh Popeye pertama kali muncul dalam serial komik strip berjudul Thimble Theatre 92 tahun lalu, tepatnya pada 17 Januari 1929.

Melansir Britannica, tokoh ini diciptakan oleh pengarang asal Amerika Serikat, Elzie Crisler Segar, dan menjadi salah satu karakter komik dan kartun paling populer hingga sekarang.

Baca juga: Mengenang 24 Tahun Meninggalnya Pencipta Doraemon, Bagaimana Perjalanannya?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X