UPDATE Gempa Sulbar: 56 Orang Meninggal, Jalur Darat Majene-Mamuju Sudah Pulih

Kompas.com - 17/01/2021, 06:30 WIB
Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Antara FotoWarga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021).

 

KOMPAS.com - Korban gempa bumi magnitudo 6,2 di wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus bertambah.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Sabtu (16/1/2021) pukul 20.00 WIB, gempa bumi pada Jumat (15/1/2021) di Sulbar tersebut menyebabkan sedikitnya 56 orang meninggal.

Perinciannya yakni 47 di Kabupaten Mamuju dan 9 lainnya di Kabupaten Majene.

Baca juga: Gempa Majene, 10 Titik Pengungsian, dan Potensi Tsunami...

Selain korban jiwa, sedikitnya 637 korban luka di Kabupaten Majene dan 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap di Kabupaten Mamuju.

Sejauh ini, petugas di lapangan, baik dari BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju serta Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI-Polri, Basarnas serta relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi masyarakat terdampak.

Pusdalops BNPB memutakhirkan informasi bahwa saat ini aliran listrik di Kabupaten Majene sebagian sudah menyala, demikian pula dengan aliran listrik di sebagaian wilayah Kabupaten Mamuju.

Kendati demikian setengah dari Kabupaten Mamuju masih mengalami gangguan.

Baca juga: Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X