Analisis BMKG soal Pemicu Gempa Majene dan Potensi Gempa Susulan

Kompas.com - 16/01/2021, 20:58 WIB
Warga mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Antara FotoWarga mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021).

KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,9 yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat pada 14 Januari 2021 pukul 13.35 WIB diikuti dengan beberapa gempa susulan.

Melansir data resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada 15 Januari 2021 pukul 01.28 WIB, terjadi gempa susulan bermagnitudo 6,2 dengan kedalaman 10 kilometer.

Kemudian, pada 16 Januari 2021 pukul 06.32 kembali terjadi gempa susulan (aftershock) bermagnitudo 5,0.

Disebutkan, gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat sekitar 5-7 detik.

Update terakhir, selain membuat sejumlah bangunan roboh, gempa menewaskan sebanyak 46 orang dan 826 orang luka-luka. 

Baca juga: UPDATE Gempa Majene-Mamuju: 46 Meninggal, 826 Luka-luka

Pemicu gempa bumi

Dihubungi Kompas.com, Kepala Bidang Informasi Gempa bumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Daryono mengatakan gempa kedua berdampak lebih merusak dengan cakupan yang lebih luas.

Adapun gempa bumi dipicu oleh naiknya sesar Mamuju-Majene.

"(Pemicunya) sesar naik Mamuju-Majene," kata Daryono, Sabtu (16/1/2021).

Daryono menambahkan, dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa signifikan pertama dan kedua yang terjadi berjenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif Mamuju-Majene Thrust.

"Mekanisme sesar naik ini mirip dengan pembangkit gempa Lombok 2018, dimana bidang sesarnya membentuk kemiringan ke bawah daratan Majene," ujar dia.

Baca juga: Gempa Majene Miskin Gempa Susulan, Begini Analisis BMKG

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X