Gunung Semeru Meletus, BNPB: Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin

Kompas.com - 16/01/2021, 20:40 WIB
Gunung Semeru meletus pada Sabtu (16/1/2021). Twitter @thoriqul_haqGunung Semeru meletus pada Sabtu (16/1/2021).

KOMPAS.com - Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, meletus pada Sabtu sore (16/1/2021) pukul 17.24 WIB.

Dalam letusan itu terjadi awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Dusun Curah Koboan dan sekitarnya agar waspada.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

Terutama dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.

Dalam hal ini, khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan yang tinggi.

"Sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin," kata Raditya dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X