Gunung Semeru Meletus, Berikut Rentetan Letusan Dahsyatnya sejak 1818

Kompas.com - 16/01/2021, 20:34 WIB
Kondisi awan panas guguran yang meluncur sekitar 4,5 kilometer dari kawah Gunung Semeru, Jawa Timur, Sabtu (16/1/2021) KOMPAS.COM/ANDI HARTIKKondisi awan panas guguran yang meluncur sekitar 4,5 kilometer dari kawah Gunung Semeru, Jawa Timur, Sabtu (16/1/2021)

KOMPAS.com - Gunung Semeru yang berada di Provinsi Jawa Timur (Jatim) kembali erupsi pada Sabtu (16/1/2021) sore sekitar pukul 17.24 WIB.

Menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

Berdasarkan rilis BNPB yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/1/2021) malam, jarak luncur awan panas guguran Gunung Semeru kurang lebih sekitar 4,5 kilometer.

Baca juga: Erupsi Merapi dan Sejarah Letusannya...

Gunung Semeru diketahui merupakan gunung bertipe strato.

Puncak tertingginya ialah Mahameru, yang di dalamnya terdapat kawah Jonggring Seloko di sebelah tenggara puncak.

Kawah Jonggring Seloko terbentuk sejak 1912.

Baca juga: Sejarah Gunung Anak Krakatau dan Letusan Terdahsyat 1833 yang Menewaskan 36.417 Orang...

Dilansir dari situs resmi PVMBG, secara umum gunung berketinggian 3.676 mdpl ini bertipe vulkanian dan strombolian.

Vulkanian merupakan tipe letusan gunung berapi yang melontarkan material dari dalam magma dan juga bongkahan-bongkahan batu di sekitar kawah. Sedangkan strombolian adalah tipe letusan gunungapi berenergi rendah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X