Pengungsi Banjir di Martapura, Kalsel: Kami Butuh Pakaian dan Obat-Obatan

Kompas.com - 16/01/2021, 19:51 WIB
Banjir Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Jumat (15/1/2021) Humas BNPBBanjir Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Jumat (15/1/2021)

KOMPAS.com - Bencana banjir akibat cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dan mengakibatkan puluhan ribu warga terpaksa harus mengungsi.

Salah satu warga yang terdampak banjir Kalsel adalah Muhammad Azhary (25), warga Desa Bincau Muara, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Azhar begitu dia akrab disapa menambahkan, ia bersama keluarganya mengungsi ke lokasi pengungsian di Stadion Demang Lehman, yang berjarak 5 kilometer dari rumahnya.

Baca juga: Banjir Kalsel, Meluasnya Lahan Sawit, dan Masifnya Pertambangan...

Azhar mengaku telah berada di lokasi pengungsian sejak Senin (11/1/2021).

"Sebenarnya banjirnya itu sudah satu bulan yang lalu, cuma nanti naik kemudian turun lagi, tapi kalau tiga hari terakhir itu debit airnya naik tinggi," kata Azhar saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/1/2021)

Azhar mengatakan, hampir semua warga di desanya, terutama perempuan dan anak-anak, telah mengungsi ke tempat aman. Namun, masih ada beberapa laki-laki yang bertahan di desa.

Baca juga: UPDATE Banjir Kalsel: Kebutuhan Mendesak Logistik dan 3.571 Rumah Masih Terendam

Kompas TV Banjir yang terjadi di kota Martapura, ibukota Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan masih terjadi hingga Sabtu (16/1/2021) pagi.

Puluhan hektar lahan padi terendam

Selain merendam rumahnya, imbuh Azhar, banjir kali ini juga turut merendam lahan padi seluas puluhan hektar milik keluarganya, yang terletak di belakang rumahnya.

"Itu sudah habis. Kalau ketinggiannya (air) itu, di dalam rumah saya itu sampai sedada orang dewasa. Kalau di jalanannya itu sampai leher," katanya lagi.

"Hampir 2 meter," imbuhnya.

Baca juga: Analisis BMKG soal Cuaca Ekstrem Januari-Februari 2021...

Butuh pakaian dan obat-obatan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X