Mengenal Efek Visual untuk Menghadirkan Ridwan Kamil di Mata Najwa

Kompas.com - 16/01/2021, 19:05 WIB
Tangkapan layar video viral penggunaan teknik chroma key. Teknik itu dipakai saat Najwa Shihab menghadirkan Ridwan Kamil, yang berbeda lokasi, ke studio, dengan bantuan efek visual khusus. ScreenshotTangkapan layar video viral penggunaan teknik chroma key. Teknik itu dipakai saat Najwa Shihab menghadirkan Ridwan Kamil, yang berbeda lokasi, ke studio, dengan bantuan efek visual khusus.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan cuplikan acara talkshow Mata Najwa yang dipandu oleh presenter Najwa Shihab ramai diperbincangkan oleh warganet baru-baru ini.

Mereka ramai membicarakan tentang efek visual yang digunakan dalam acara tersebut, yakni ketika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berada di lokasi terpisah, bisa dihadirkan ke studio Mata Najwa dengan bantuan efek spesial.

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @txtdarigajelas pada Sabtu (16/1/2021) pukul 8.18 WIB.

Baca juga: Viral Video Virtual Wedding dengan Green Screen di Yogyakarta, Ini Cerita Lengkapnya...

"Rasanya enggak afdol kalau Mata Najwa enggak adep-adepan. Enggak ngelihat langsung mata Kang Emil. Boleh enggak aku blink, 1...2...3...," kata Najwa, dalam video itu.

Setelah Najwa menjentikkan jari, seketika Ridwan Kamil pun hadir di studio Mata Najwa.

Baca juga: Viral Joget TikTok di Acara Pernikahan, Ini Ceritanya...

Lantas, bagaimana cara kerja efek visual yang digunakan dalam acara tersebut?

CEO Paradise Pictures, rumah produski yang berbasis di Kota Malang, Vicky Arief Herinadharma mengatakan, efek visual dalam talkshow Mata Najwa itu dihasilkan dari penggunaan berbagai software, seperti Unreal Engine, VMix Studio, dan Zoom.

"Intinya kita ambil source visual Ridwan Kamil, bisa pakai Zoom, dimasukkan ke Unreal untuk sedikit diolah green screen-nya, terus di-mix dengan input lainnya di studio Najwa," kata Vicky saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Vicky mengatakan, teknis dasar dari hal tersebut disebut sebagai Chroma Key.

Akan tetapi, dalam talkshow Mata Najwa, teknik yang digunakan lebih dari itu, karena talkshow tersebut disiarkan secara langsung dan bukan offline editing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X