India Mulai Program Vaksinasi Covid-19 Terbesar di Dunia, Pekerja Sanitasi yang Pertama

Kompas.com - 16/01/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi vaksinasi pada lansia SHUTTERSTOCK/BaLL LunLaIlustrasi vaksinasi pada lansia

KOMPAS.com - India telah memulai program vaksinasi Covid-19 terbesar di dunia. Negara tersebut berupaya untuk mengimunisasi lebih dari 1,3 miliar penduduknya. 

Pekerja sanitasi bernama Manish Kumar menjadi orang pertama di India yang disuntik vaksin Covid-19 pada Sabtu (16/1/2021).

Kumar menerima suntikannya di institut terkemuka Delhi, yaitu All-India Institute of Medical Sciences (AIIMS), salah satu pusat vaksinasi di India.

Baca juga: India Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Buatan Lokal dan Oxford-AstraZeneca

Prioritas vaksin

India memprioritaskan perawat, dokter, dan pekerja garis depan lainnya dalam vaksinasi awal ini.

Saat meluncurkan program vaksinasi Covid-19 terbesar di dunia, Perdana Menteri Narendra Modi terlihat menitikkan air mata.

"Penyakit itu memisahkan orang dari keluarga mereka, menjauhkan ibu dari anak-anak mereka," kata Modi kepada petugas kesehatan melalui konferensi video, dikutip dari Reuters, Sabtu (16/1/2021).

"Mereka yang meninggal karena penyakit itu bahkan tidak bisa mendapatkan perpisahan terakhir dengan keluarga mereka," lanjutnya. 

Modi belum mengatakan apakah dia akan ikut ambil bagian dalam program vaksinasi itu. Menurutnya, politisi tidak akan dianggap sebagai pekerja garis depan.

Baca juga: Merebak Wabah Flu Burung, India Musnahkan Puluhan Ribu Unggas

Target vaksinasi

Pada hari pertama kampanye vaksinasi, India menargetkan untuk menyuntikkan vaksin kepada sekitar 300.600 orang.

Pemerintah mengklaim, angka itu merupakan yang terbesar di dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X