UPDATE Banjir Kalsel: Kebutuhan Mendesak Logistik dan 3.571 Rumah Masih Terendam

Kompas.com - 16/01/2021, 13:20 WIB
Banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (15/1/2021) Humas BNPBBanjir yang terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (15/1/2021)

KOMPAS.com - Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 12-14 Januari 2021 mengakibatkan banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel)

Salah satu wilayah yang terdampak parah akibat bencana banjir ini adalah Kabupateng Balangan, yang terletak di bagian utara Kalimantan Selatan.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Sabtu (16/1/2021) pukul 02.00 WIB tercatat ada 3.571 rumah di Balangan yang terendam banjir.

Baca juga: Banjir Kalsel, Meluasnya Lahan Sawit, dan Masifnya Pertambangan...

Banjir di Balangan disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, yang menyebabkan meluapnya sungai Balangan dan sungai Pitap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menyebut, saat ini banjir masih belum surut, dengan tinggi muka air terpantau sekitar 50-150 sentimeter.

BPBD Balangan menyebut, saat ini kebutuhan mendesak yang harus segera disediakan adalah perahu karet dan logistik.

Baca juga: Mengapa Bandung Kerap Diterjang Banjir?

3.571 rumah terendam

Pusat Pengendali Operasi BNPB menyebut, sebanyak 3.571 rumah yang terendam di Balangan tersebar di enam daerah Kecamatan, berikut rinciannya:

  • Kecamatan Halong: 931 rumah terendam banjir
  • Kecamatan Paringin: 20 rumah terendam banjir
  • Kecamatan Juai: 576 rumah terendam banjir
  • Kecamatan Paringin Selatan: 336 rumah terendam banjir
  • Kecamatan Tebing Tinggi: 836 rumah terendam banjir
  • Kecamatan Awayan: 872 rumah terendam banjir

Baca juga: Fenomena Tanah Bergerak di Ciamis, Apa Sebabnya?

11.816 orang terdampak banjir

Sementara itu, BPBD Balangan melaporkan, tercatat ada 11.816 orang yang terdampak banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X