Mengenang Peristiwa Malari 1974 yang Menewaskan 11 Orang...

Kompas.com - 15/01/2021, 13:14 WIB
AKSI MALARI (Limabelas Januari) 1974 di sepanjang Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. KompasAKSI MALARI (Limabelas Januari) 1974 di sepanjang Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

KOMPAS.com - Hari ini 47 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 15 Januari 1974 terjadi peristiwa Malari atau Malapetaka 15 Januari.

Melansir Kompas.com, 15 Januari 2019, saat itu ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta turun ke jalan untuk mengkritik kebijakan ekonomi Pemerintahan Soeharto yang dianggap terlalu berpihak pada investasi asing.

Kejadian itu bertepatan dengan kedatangan Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka yang menemui Presiden Soeharto.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: John Lennon Tewas di Tangan Penggemarnya

Aksi yang awalnya damai, berujung rusuh.

Sejumlah gedung dan kendaraan yang "berbau" Jepang menjadi sasaran amukan massa. Ada yang dirusak, digulingkan, hingga dibakar.

Meski begitu mahasiswa yang melakukan demonstrasi membantah telah melakukan kerusuhan dan mengatakan mereka ditunggangi.

Kerusuhan ini menjadi alasan bagi rezim Orde Baru untuk membungkam gerakan mahasiswa yang dianggap menjadi penggerak Peristiwa Malari 1974.

Baca juga: Sejarah Imlek di Indonesia, dari Zaman Jepang, Orde Baru sampai Gus Dur

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X