[HOAKS] SBY Dirawat di Rumah Sakit dan Kondisi Parah

Kompas.com - 15/01/2021, 11:30 WIB
Tangkapan layar foto yang diunggah sebuah akun di Facebook menggambarkan SBY dirawat di RS, dengan tulisan Lupa semuanya, SBY semakin parah. DPP Demokrat memastikan informasi ini hoaks. SBY dalam keadaan sehat. FacebookTangkapan layar foto yang diunggah sebuah akun di Facebook menggambarkan SBY dirawat di RS, dengan tulisan Lupa semuanya, SBY semakin parah. DPP Demokrat memastikan informasi ini hoaks. SBY dalam keadaan sehat.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, beredar sebuah foto yang menunjukkan Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, terbaring di ruang perawatan rumah sakit.

Pada foto/poster itu terlihat dua orang berpakaian APD lengkap, dengan tulisan pada foto, "Lupa semuanya, SBY semakin parah". 

Informasi yang menyebutkan SBY tengah sakit dan dalam kondisi parah dipastikan hoaks. Hal itu dinyatakan Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan saat dikonfirmasi, Jumat (15/1/2021). SBY dalam kondisi sehat.

Narasi yang beredar

Unggahan yang beredar berupa foto tangkapan layar dengan tulisan tersemat sebagai berikut: 

"Lupa Semuanya. SBY Semakin Parah"

Dalam gambar itu, SBY terlihat terbaring di tempat tidur, ada 3 orang dengan baju hazmat atau APD lengkap yang biasa digunakan dalam ruang isolasi perawatan pasien Covid-19. 

Akun yang mengunggah gambar itu adalah Wenday Novi Susanto. Ia tak memberikan narasi apa pun pada unggahannya. Foto SBY ini diunggah bersama beberapa foto lainnya.

Menurut informasi, foto atau poster ini juga beredar di grup Whatsapp.

Hoaks informasi yang menyebut SBY sakit parahTangkapan layar Facebook Hoaks informasi yang menyebut SBY sakit parah

Konfirmasi Kompas.com

Kompas.com mengonfirmasi ke Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. Hinca menegaskan, informasi yang tertulis pada gambar yang beredar tidak benar.

"Hoax itu dan sudah kami bantah," ujar Hinca saat dihubungi Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X