Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi Jamarat Mina, 362 Jemaah Haji Meninggal

Kompas.com - 12/01/2021, 09:04 WIB
Para jemaah haji hendak ambil bagian dalam lempar jumrah yang merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji di kawasan Jembatan Jumrah di Kota Mina dekat Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. AFP PHOTO/KARIM SAHIBPara jemaah haji hendak ambil bagian dalam lempar jumrah yang merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji di kawasan Jembatan Jumrah di Kota Mina dekat Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

KOMPAS.com - Hari ini 15 tahun lalu, tepatnya 12 Januari 2006 terjadi tragedi memilukan di tengah rangkaian pelaksanaan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi.

Tragedi itu terjadi di Jembatan Jamarat Mina, jembatan yang dilalui para jemaah untuk menuju lokasi lempar jumrah.

Ketika itu hari Kamis, hari terakhir atau hari ketiga kegiatan lempar jumrah yang menjadi kegiatan terakhir dalam rangkaian ibadah haji.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Insulin Pertama Kali Digunakan pada Pasien Diabetes

Peringatan pemerintah Arab Saudi

Berdasarkan arsip Harian Kompas (14/1/2006), sehari sebelum kejadian Pemerintah Arab Saudi telah mengimbau para jemaah agar dalam melaksanakan lempar jumrah menghindari waktu utama yang padat, yakni setelah salat dzuhur.

Akan tetapi hal itu tidak diindahkan oleh sebagian jemaah.

Pemerintah Arab Saudi pun menyebut hal ini sebagai kesalahan dari pihak jemaah haji yang tidak tertib mengikuti jadwal.

Selain tidak mengikuti jadwal, ada juga jemaah yang membawa terlalu banyak koper ke lokasi ibadah.

Hal ini dikatakan oleh Putra Mahkota Arab Saudi saat itu, Sultan bin Abdul Aziz melalui surat kabar Asharq Al-Awsat.

"Lebih dari 12 orang membawa koper dalam jumlah besar di punggung mereka. Akibatnya, ketika situasi terlalu padat, koper yang mereka bawa jatuh ke tanah dan bertumpuk," kata dia.

Padahal di pelaksanaan prosesi lempar jumrah sebelumnya semua berjalan dengan lancar.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kebakaran Bioskop Laurier Palace di Kanada, 78 Anak Tewas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X