Ramai soal Pemakaian Face Shield Tanpa Masker, Simak Ini Bahayanya

Kompas.com - 11/01/2021, 19:20 WIB
ilustrasi face shield shutterstock/Pop Paul-Catalinilustrasi face shield

KOMPAS.com - Pemakaian face shield atau pelindung wajah tanpa menggunakan masker tengah menjadi sorotan publik. 

Hal itu setelah sejumlah acara televisi dan sederet publik figur banyak yang menampilkan pemakaian face shield tanpa masker.

Sementara di sisi lain, banyak studi yang menekankan pentingnya tetap memakai masker meskipun telah menggunakan faceshield.

Baca juga: Ingat, Pakai Face Shield Tanpa Masker Bisa Berbahaya

Perlindungan tidak maksimal

Sebelumnya, pemerintah juga telah menjelaskan bahwa penggunaan face shield tanpa masker tak akan memberikan perlindungan maksimal.

Virus corona dapat bertahan di udara dalam bentuk microdroplet, dan dapat dengan mudah terhirup manusia yang tidak memakai masker.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penggunaan face shield tanpa masker:

1. Tak efektif

Departemen Kesehatan Swiss mengingatkan untuk tidak menggunakan face shield atau pelindung wajah berbahan plastik tanpa masker.

Di negara ini telah mencatat kasus positif infeksi virus corona dari beberapa orang di sebuah hotel wilayah Graubunden, karena hanya menggunakan pelindung wajah plastik.

"Face shield tidak berfungsi sebagai alternatif masker wajah. Pelindung wajah atau visor dapat dikenakan bersama masker untuk lebih meningkatkan perlindungan kita," ujar juru bicara Federal of Public Health Yann Hulmann seperti dikutip dari Kompas.com, 22 Juli 2020.

Baca juga: Face Shield dan Masker Filter Tak Efektif Cegah Penularan Covid-19

2. Peringatan WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan pelindung wajah dapat membantu mencegah virus, asalkan dibarengi langkah-langkah pencegahan lain.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X