Tren Pasien Covid-19 dari Golongan Usia Muda Meningkat, Benarkah?

Kompas.com - 09/01/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi rumah sakit (SHUTTERSTOCK). SHUTTERSTOCKIlustrasi rumah sakit (SHUTTERSTOCK).

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 bisa menyerang siapa saja, baik itu orang tua, anak muda, bahkan anak-anak.

Namun, selama ini ada golongan yang memang lebih rentan apabila terinfeksi Covid-19, yaitu lansia dan orang dengan komorbid atau penyakit bawaan. 

Pasien Covid-19 golongan ini dapat mengalami gejala Covid-19 yang lebih berat dan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Menilik Sulitnya Mencari Kamar Kosong di RS untuk Pasien Covid-19...

Remaja dan usia muda

Namun, melansir BBC, Jumat (9/1/2021), kini data pasien yang ada di rumah sakit cukup menunjukkan keberagaman jika ditilik dari sisi usia.

Dalam beberapa bulan terakhir di Inggris, infeksi tertinggi dilaporkan terjadi pada kalangan remaja, pelajar, dan orang berusia 20 hingga 30-an.

Mereka yang sebelumnya masuk ke kelompok yang tidak diprediksi rentan, karena masih memiliki kondisi fisik yang prima, kini justru banyak ditemukan di rumah sakit.

"Ketika kasus di masyarakat meningkat, akan ada sedikit peningkatan jumlah anak yang kami lihat dengan Covid-19, tetapi sebagian besar anak-anak dan remaja tidak memiliki gejala atau hanya penyakit yang sangat ringan," kata Prof Russell Viner, presiden Royal College of Paediatrics and Child Health. 

Russell menegaskan, meskipun orang di usia paruh baya kurang terpengaruh dibandingkan orang di atas 65 tahun, mereka sama sekali tidak bebas risiko.

Sejak gelombang kedua infeksi dimulai akhir September 2020, pasien Covid-19 yang masuk ke rumah sakit di Inggris didominasi oleh pasien berusia di atas 85 tahun. Selanjutnya adalah pasien berusia 75-84 tahun.

Saat itu, pasien anak-anak atau kelompok muda menjadi yang paling sedikit jumlahnya.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemprov Jabar Tambah 3.000 Ruang Isolasi Selain Rumah Sakit

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X