Akun Twitter Donald Trump Diblokir Permanen, Aturan Apa yang Dilanggarnya?

Kompas.com - 09/01/2021, 12:43 WIB
Foto ilustrasi akun Twitter Donald Trump. AFP/OLIVIER DOULIERY VIA DEUTSCHE WELLE INDONESIAFoto ilustrasi akun Twitter Donald Trump.

KOMPAS.com - Akun Twitter Presiden Amerika Serikat Donald Trump, @realDonaldTrump, diblokir permanen pada Jumat (8/1/2021).

Dalam twitnya, pihak Twitter menyebutkan, mereka memutuskan penutupan akun tersebut karena risiko hasutan kekerasan lebih lanjut.

Blokir itu termasuk larangan bahwa Trump tidak dapat lagi mengakses akunnya serta twit dan gambar profilnya telah dihapus.

Akunnya sempat diblokir sementara. Beberapa twit Trump juga diblokir oleh pihak Twitter dan Trump harus menghapusnya untuk mendapatkan kembali akunnya.

Twitter telah memperingatkan bahwa pelanggaran kebijakan akan mengakibatkan penghentian permanen.

"Meskipun kami mengizinkan setiap orang untuk mengekspresikan diri mereka di dalam layanan kami, namun kami tidak menoleransi perilaku yang mengganggu, mengintimidasi, atau menggunakan ancaman untuk membungkam pendapat orang lain," tulis Twitter dalam laman resminya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Twitter Resmi Tutup Permanen Akun Donald Trump, Ini Alasannya...

Aturan Twitter

Melansir laman resmi Twitter, pihak Twitter dapat mengunci akun atau memblokir sementara akun tertentu jika akun itu dianggap disusupi atau melanggar Peraturan Twitter atau Persyaratan Layanan.

Akun yang terblokir atau dibatasi sementara dapat dipulihkan dengan mengikuti petunjuk untuk memulihkannya dengan mengikuti petunjuk.

Akan tetapi, pelanggaran berulang atas peraturan Twitter dapat menyebabkan penangguhan permanen.

"Jika seseorang terus melanggar peraturan setelah diterapkannya tindakan penegakan, akun mereka dapat ditangguhkan secara permanen," tulis Twitter dalam lamannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X