Menilik Sulitnya Mencari Kamar Kosong di RS untuk Pasien Covid-19...

Kompas.com - 08/01/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi rumah sakit SHUTTERSTOCKIlustrasi rumah sakit

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Saat ini, kasusnya pun dilaporkan terus melonjak dan membuat rumah sakit kewalahan akibat menipisnya daya tampung yang dimiliki.

Sejumah warganet pun mengungkapkan keresahannya terkait kondisi rumah sakit yang penuh.

Diduga penuhnya beberapa rumah sakit di daerah dikarenakan membeludaknya pasien gejala berat Covid-19.

"Serius nanya, karena RS di mana-mana penuh bisa enggak sih alih fungsiin bangunan apa saja gitu jadi rumah sakit darurat?" tulis akun Twitter @cowmeh dalam twitnya.

Baca juga: Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia

"Ini yang ditakutkan tatkala pandemi covid19 tidak mampu dikendalikan, RS dan tempat rujukan semuanya penuh, ini sangat berbahaya bagi rakyat," tulis akun Twitter @sukri_mohamadd dalam twitnya.

Baca juga: Pemerintah Gratiskan Vaksin Covid-19, Mengapa Diberikan Lewat Suntikan?

"Tetanggaku ada yang sakit harus dirawat di RS tapi enggak bisa soalnya penuh," tulis akun Twitter @reddayvelvet6 dalam twitnya.

Baca juga: Ramai soal Patung Merlion di Madiun, Ini Penjelasannya...

Baca juga: Foto Viral Kalender 1971 Disebut Kembar dengan 2021, Apa Penjelasannya?

Bagaimana tanggapan pemerintah?

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19, Hery Trianto mengungkapkan, ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit memang sedang padat-padatnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menunggu dan bersabar sampai ada cukup tempat tidur untuk menampung pasien selanjutnya.

"Saat ini tempat tidur sejumlah rumah sakit memiliki tingkat keterisian di atas 70 persen. Jadi masyarakat memang perlu bersabar," ujar Hery saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: 1,2 Juta Dosis Vaksin Tiba di Indonesia, Kemenkes: Nakes Dulu Ya!

Menurutnya, lama masa inap pasien yang terinfeksi Covid-19 baik dari RS rujukan maupun RS swasta berkisar antara 10-14 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X