Studi Ini Temukan Kelompok Usia yang Paling Rentan Terinfeksi Varian Baru Virus Corona

Kompas.com - 08/01/2021, 15:37 WIB
Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAVarian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain, yang digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia.

KOMPAS.com - Varian baru virus corona yang teridentifikasi di Inggris telah menyebabkan lonjakan kasus baru dan memunculkan kekhawatiran.

Varian baru, B117, disebutkan lebih menular, meskipun tidak dianggap lebih berbahaya atau resisten terhadap vaksin dan pengobatan.

Sebuah studi baru yang meneliti terkait varian baru virus ini, menemukan kelompok umur yang paling berisiko terinfeksi.

Melansir Fox News, orang-orang berusia di bawah 20 tahun menjadi kelompok berisiko tinggi terpapar virus corona B117.

Studi dilakukan para peneliti di Imperial College London. Penelitian itu menunjukkan, orang-orang berusia di bawah 20 tahun lebih berpotensi terpapar varian baru virus corona.

Dalam studi yang belum ditinjau sejawat ini, diidentifikasikan sebagai VOC.

Menurut penelitian itu, data yang tersedia menunjukkan pergeseran komposisi usia dari kasus yang dilaporkan, dengan bagian lebih besar di bawah usia 20 tahun di antara VOC daripada kasus non-VOC.

Baca juga: Update Covid-19 Dunia 8 Januari: 88,3 Juta Kasus | WHO Desak Eropa Bertindak soal Varian Baru Corona

Namun, para peneliti mengatakan, terlalu dini menentukan mekanisme di balik perubahan tersebut. 

"Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung yang lebih spesifik dari setiap perubahan bagaimana virus memengaruhi kelompok usia ini," demikian tulis peneliti.

Studi tersebut memaparkan, tak seperti virus corona sebelumnya, varian B117 kemungkinan lebih mungkin menginfeksi anak-anak. Penemuan ini pun memunculkan kekhawatiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X