Jack Ma dan Rumor soal Keberadaannya...

Kompas.com - 08/01/2021, 06:31 WIB
Foto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis. AP PHOTO/THIBAULT CAMUSFoto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Nama miliarder asal China, Jack Ma, belakangan ramai dibicarakan.

Namanya pun sempat menduduki posisi teratas sebagai topik paling banyak dibicarakan di jagad Twitter Indonesia pada Senin (4/1/2021).

Setelah dilihat isi dari twit para warganet, topik yang diperbincangkan soal spekulasi keberadaan Ma.

Disebutkan, sudah dua bulan pendiri Alibaba ini tidak menampakkan batang hidungnya di muka publik.

Ma dilaporkan terakhir kali muncul pada akhir Oktober 2020.

Kicauan terakhirnya di Twitter pun diunggah pada bulan yang sama. Padahal, ia dikenal sebagai sosok yang rutin membagikan beberapa twit dalam satu hari.

Pertanyaan soal keberadaan Ma semakin berembus kencang kala dirinya tak menghadiri final acara Africa's Business Heroes, sebuah reality show bikinan dia sendiri.

Posisinya sebagai juri saat itu digantikan oleh seorang eksekutif Alibaba.

Baca juga: Trending di Twitter, Ada Apa dengan Jack Ma? 

Kritik pemerintah China

Foto tertanggal 10 Mei 2019 menampilkan Jack Ma (tengah) berpose dalam sebuah acara sebagai saksi pernikahan 102 pasangan pegawai Alibaba di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China.CHINATOPIX via AP Foto tertanggal 10 Mei 2019 menampilkan Jack Ma (tengah) berpose dalam sebuah acara sebagai saksi pernikahan 102 pasangan pegawai Alibaba di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China.

Pada 24 Oktober 2020, Ma  disebut "hilang" setelah melontarkan kritik pedas terhadap regulator finansial dan perbankan China dalam sebuah pidato di Shanghai.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X