Migrasi TV Analog ke Digital, Apakah Masyarakat Dapat Bantuan Decoder?

Kompas.com - 04/01/2021, 20:25 WIB
Ilustrasi digitalisasi DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi digitalisasi

KOMPAS.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menghentikan siaran TV analog paling lambat tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

Salah satu dampak dari dihentikannya siaran TV analog adalah masyarakat pemilik TV biasa memerlukan decoder yang disebut set top box (STB) untuk bisa menikmati siaran TV digital di TV analog.

Lantas, apakah pemilik TV analog akan mendapatkan bantuan decoder TV?

Baca juga: TV Analog Dihentikan 2022, Bagaimana dengan Pemilik TV Berantena Biasa?

Masih didata

Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika Kurnia saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2021) mengatakan saat ini pemerintah masih mendata target penerima bantuan set top box.

“Saat ini pemerintah masih mendata target dan mekanisme penyaluran bantuan set top box,” ujar Gery.

Gery menegaskan bantuan STB nantinya hanya dikhususkan bagi pemilik TV analog kategori rumah tangga miskin.

"Bantuan ini khusus bagi rumah tangga miskin saja," ujarnya.

Terkait migrasi tv analog ke digital, sebelumnya Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo, Ahmad M. Ramli mengatakan pemerintah akan membagikan set top box kepada penduduk yang tergolong sebagai keluarga tidak mampu.

"Pemerintah juga memperhatikan hal ini, dari sinilah kita memetakan penduduk yang tergolong kurang mampu, yang TV-nya masih analog harus mendapatkan bantuan set top box ini," ujar Ramli dikutip dari siaran pers Kominfo (28/10/2020).

Baca juga: Kominfo: Siaran TV Analog Dihentikan 2 November 2022, Ini Alasannya

Mudah didapat

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di situs jual beli online, harga Set Top Box (STB) atau decoder TV di pasaran dijual kisaran Rp 200.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X